Banyak orang yang menggunakan ponsel mereka guna melakukan hal-hal seperti mengambil gambar atau video, mendengarkan musik, dan bahkan mentransfer rile. Terkadang kamu ingin mendownload aplikasi di komputermu dan mungkin memerlukan cara untuk mentransfernya ke ponselmu jika kamu menginginkan aplikasi yang berbentuk file APK dari website atau dari hal lain. Menghubungkan smartphone atau tablet kamu ke komputer adalah sesuatu cara yang perlu kamu lakukan.

Sangat mudah untuk menghubungkan perangkat kamu ke komputer guna mentransfer file, khususnya menghubungkannya ke versi Windows yang terbaru. Saya yakin bahwa versi terbaru Linux juga memudahkan kita untuk melakukan hal tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan kabel USB ke ponselmu kemudian menghubungkannya ke komputermu. Jika kamu beruntung, Windows akan mendeteksi ponselmu dan langsung menginstall driver yang dibutuhkan. Bila tidak, maka kamu harus mencari driver secara online untuk mendapatkan driver yang tepat untuk ponselmu.

Bila kamu sudah siap menghubungkan ponselmu, maka langsung hubungkan dan fungsikan (enable) USB pada ponsel kamu. Setiap prosedur berbeda tergantung ponsel kamu yang kamu gunakan, akan tetapi kalau kamu sudah menancapkannya maka kamu akan mendapatkan notifikasi yang memberitahukan bahwa ponsel kamu telah siap. Jika berhasil maka akan menampilkan simbol USB.

Transfer_file_dari_PC_ke_Android

Bila kamu sudah melihat notifikasi ini, maka akan sangat mudah menyalakan USB untuk melakukan transfer file. Notifikasi kamu mungkin akan berbeda-beda tergantung pada perangkatnya. Kamu mungkin juga memiliki beberapa opsi koneksi seperti PC Mode, Windows Media Sync, USB Mass Storage dan Charge Only.

Transfer_file_dari_PC_ke_Android

Kamu mungkin akan mendapatkan pesan dari komputer kamu yang serupa seperti berikut.

Transfer_file_dari_PC_ke_Android

Kamu bisa meng-klik Continue without scanning dan ini akan membuka Windows Explorer dengan ponsel kamu ditampilkan sebagai removable disk dengan huruf penanda drive.

Transfer_file_dari_PC_ke_Android

Untuk mendapatkan gambar dan film kamu, carilah folder yang bernama dcim atau camera. Sekali lagi ini bisa jadi beragam, tergantung pada model smartphone kamu. Kamu bisa jadi mendapatkan folder lain yang melaksanakan tindakan serupa atau mungkin juga telah diciptakan oleh aplikasi yang terinstall pada ponsel kamu. Kamu bisa menggunakan folder seperti download folder untuk menyimpan hal-hal seperti file installasi aplikasi dimana kamu ingin mentransfer isi ponsel kamu untuk melakukan installasi. Lalu kamu juga bisa menggunakan file system browser seperti Astro atau ES File Explorer pada ponsel kamu untuk menemukan folder download dan menginstall aplikasi tersebut. Ketika kamu menggunakan file system browser maka kamu akan mendapati bahwa folder tersebut tidak akan terlihat sama seperti yang kamu lihat di Windows tergantung apakah kamu melihatnya pada SD Card atau Android file system. Hati-hatilah agar tidak menghapus atau mengubah apapun pada OS Android kamu.

SD card – perhatikan apakah file sesuai dengan yang ditunjukkan pada Windows.Android Files

Transfer_file_dari_PC_ke_Android